Perbedaan Pendekatan Berorientasi Objek dengan Pendekatan Terstruktur

Pada mata kuliah Pengembangan Sistem terdapat dua kategori pendekatan pengembangan, yaitu Pendekatan Terstruktur ,Pendekatan Objek .
Saya akan jabar kan pengertian” Pendekatan Terstruktur dan Pendekatan Objek :

Pendekatan terstruktur merupakan pendekatan pengembangan sistem yang tidak hanya mengikuti tahapan system life cycle namun juga dilengkapi dengan beberapa alat dan teknik dan telah dimulai dari awal tahun 1970-an.Selain pengertian diatas Pendekatan Terstruktur adalah suatu aktifitas pendekatan dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami.Pendekatan terstruktur memilki beberapa sifat – sifat seperti :
1.Memuat teknik pemecahan masalah yang logis dan sistematis.
2.Memuat algoritma yang efisien, efektif dan sederhana.
3.Program disusun dengan logika yang mudah dipahami.
4.Tidak menggunakan perintah GOTO.
5.Biaya pengujian program relatif rendah.
6.Memiliki dokumentasi yang baik/
7.Biaya perawatan dan dokumentasi yang dibutuhkan relatif rendah.

Pemrograman berorientasi objek merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Pendekatan berorientasi objek akan memandang sistem yang akan dikembangkan sebagai suatu kumpulan objek yang berkorespondensi dengan objek-objek dunia nvata. Ada banvak cara untuk mengabstraksikan dan memodelkan objek-objek tersebut, mulai dan abstraksi objek, kelas, hubungan antar kelas sampai abstraksi sistem. Saat mengabstraksikan dan memodelkan objek mi, data dan proses-proses yangdipunyai oleh objek akan dienkapsulasi (dibungkus) menjadi satu kesatuan.Dalam rekayasa perangkat lunak, konsep pendekatan berorientasi objek dapat diterapkan pada tahap analisis, perancangan, pemrograman, dan pengujianperangkat lunak. Ada berbagai teknik yang dapat digunakan pada masing-masing tahap tersebut, dengan aturan dan alat bantu pemodelan tertentu.Sistem berorientasi objek merupakan sebuah sistem yang dibangun denganberdasarkan metode berorientasi objek adalah sebuah sistem yang komponennva dibungkus (dienkapsulasi) menjadi kelompok data dan fungsi.
Perbedaan utama antara terstruktur dan OO yaitu pada perancangan terstruktur penguraian masalah dilakukan berdasarkan fungsi atau proses secara hirarki, mulai dan konteks sampai proses-proses yang paling kecil. Sementara pada metode berorientasi objek, pemecahan/penguraian masalah dilakukan berdasarkan objek-objek yang ada dalam sistem. Atau dapat kita katakan, pada perancangan terstruktur dapat dilihat aliran-aliran data atau proses pemecahan dari masalah, sedangkan pada OO yang dapat kita lihat adalah aliran objek dan aktivitas-aktivitas yang ada dalam rancangan pemecahan masalah.

Sumber:

http://www.scribd.com/doc/60314795/48/Perbandingan-Pendekatan-OO-dan-Terstruktur
http://fajarrizkiiskandar.blogspot.com/2011/10/perbedaan-sistem-objek-orientied-dan.html
http://gitasavitriputri.blogspot.com/2009/06/3-pendekatan-software-engineering.html
http://www.gangsir.com/download/3-PendekatanPengembanganSistemTerstruktur.pdf
http://www.scribd.com/doc/60314795/46/Sekilas-Pendekatan-terstruktur

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Perbedaan Pendekatan Berorientasi Objek dengan Pendekatan Terstruktur"

Posting Komentar