Bagaimana cara belajar portal yang terbaik?

melihat cara portal lain untuk memberikan servis-nya ke masyarakat Internet.

Portal pada dasarnya bermula dari dunia media, Belajar portal sebetulnya sama dengan pola-pola belajar yang lain, cara terbaiknya adalah bukan dari dunia commerce sebetulnya. Hanya saja sekarang ini sering di asosiasikan dengan e-commerce. Padahal harusnya e-commerce harus-nya bermula dari dunia perdagangan apakah itu e-toko atau e-mall.

Beberapa portal di luar negeri seperti www.cnn.com, www.reuters.com merupakan contoh-contoh yang termasuk baik untuk portal berita. Yang menarik dari CNN adalah fasilitas personalisasi / customisasi dari portal tersebut.

Di Indonesia, mungkin persaingan cukup ketat tampak di antara www.detik.com, www.astaga.com, www.kompas.com, www.indonesiamu.com yang sangat heavy ke arah media di susul oleh portal lain yang tidak terlalu mengarah ke berita seperti www.kopitime.com. www.kopitime.com bahkan setahu saya akan masuk ke pasar bursa BEJ dalam waktu dekat, sehingga perlu juga dilihat apa bedanya dengan portal yang lain. Mengapa www.kopitime.com demikian berani. Dari apa yang saya lihat www.kopitime.com berusaha memberikan bobot ke arah pembangunan komunitas dibandingkan portal yang lain. Ada kecenderungan yang kuat di antara portal-portal berita / informasi ini untuk bergerak ke arah portal pengetahuan yang menyediakan artikel / paper yang sifatnya analisis yang dalam.

Bergerak dari transaksi berita / informasi dan komunitas yang didominasi oleh portal di atas, beberapa Web / portal lebih memfokuskan diri-nya pada transaksi barang / jasa – jelas portal jenis ini lebih berat lagi ke arah commerce yang kebih di kenal sebagai e-commerce. Beberapa diantara portal e-commerce ini adalah www.commerce.net.id, www.i-2.co.id, www.dagang2000.com, www.radioclik.com dan www.jatis.com (sebagai penyedia jasa e-commerce). Jelas berbeda sekali karakteristik portal media dengan Web e-commerce, yang satu lebih di arahkan kepada transaksi informasi yang lain lebih kepada transaksi barang.

Valuasi sebuah portal / Web nantinya akan di nilai dari jumlah massa yang menempel pada portal tersebut. Oleh karena itu teknologi push informasi melalui Web, SMS, FAX, WAP, e-mail akan sangat penting untuk dapat di eksploitasi untuk dapat menjamin masyarakat pembaca tetap loyal.
Sumber : onno w purbo..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS